Surat Penugasan GTK Honorer Kab. Tasikmalaya

Sortir SP.jpg

 

Sejumlah peristiwa di dunia pendidikan – di berbagai belahan dunia, terutama sekitaran wilayah Priangan Timur, Jawa Barat pada akhir-akhir ini menjadi sorotan berbagai pihak.

Geliat berbagai gerakan yang disuarakan oleh para GTK Honorer yang menuntut adanya legalitas dari Pemerintah Daerah mengenai status kerja Tenaga Non PNS sebagai Tenaga Guru maupun Tenaga Administrasi setelah mereka bekerja sekian lama mengabdikan diri kepada pemerintah.

Kabupaten Tasikmalaya, adalah merupakan salah satu dari sejumlah daerah yang atas prakarsa beberapa inisiator dengan difasilitasi oleh Pengurus PGRI Kabupaten Tasikmalaya telah berhasil membentuk susunan kepengurusan dengan pola bottom-up mulai dari tingkat Kecamatan hingga tingkat Kabupaten.
Kepengurusan tersebut diberi nama Forum Honorer Guru dan Tenaga Kependidikan (FHGTK) Non Katagori 2 (NK.2) Kabupaten Tasikmalaya, Masa Bakti untuk lima tahun pertama (2018-2023) dengan nama-nama pengurus sebagai berikut:

Ketua:  Tete Suherman, S.Pd.I.  (Singaparna)
Wakil Ketua:  Andi Suandi, S.Pd.SD.  (Cikatomas)
Sekretaris 1:  Wawan Setiawan, S.Pd.  (Salawu)
Sekretaris 2:  Acep Opik Sopiuloh, S.Pd.SD.  (Jatiwaras)
Bendahara 1:  Rini Apriyani  (Padakembang)
Bendahara 2:  Agung Barbara, S.Pd.  (Jamanis)
Humas Wilayah:
a.  Tasikmalaya Utara:  Nurdiansyah, S.Pd.  (Rajapolah)
b.  Tasikmalaya Selatan:  Rahmat Hidayat, S.Pd.I.  (Sukaraja)
c.  Tasikmalaya Timur:  Cevi Setia, S.Pd.  (Cikalong)
d.  Tasikmalaya Barat:  Aip Syaripudin, S.Pd.I.  (Kadipaten)

Setelah susunan kepengurusan FHGTK NK.2 di tingkat Kabupaten terbentuk, maka selanjutnya adalah adalah penyusunan Program Kerja Pengurus.
Adapun karena di berbagai daerah sekitaran Kabupaten Tasikmalaya tengah gencar disuarakan permintaan kepada Pemerintah Daerah supaya menerbitkan legalitas status kepegawaian Tenaga Honorer baik Katagori 2 maupun Non Katagori 2, maka kepengurusan FHGTK NK.2 Kabupaten Tasikmalaya memutuskan untuk terlebih dahulu fokus mengupayakan hal sebagaimana terjadi di daerah lain, yaitu berjuang mewujudkan legalitas status bagi Tenaga Honorer GTK.

Berkat militansi, kerjasama dan dukungan sejumlah pihak dalam proses perjuangan yang bisa dikatakan baru beberapa hari ditempuh, alhamdulillah telah mulai menemukan titik terang. Diantara titik terang tersebut adalah Pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bersedia mengeluarkan legalitas bagi Honorer GTK kendati baru sebatas dalam bentuk
Surat Penetapan Penugasan (SP) yang ditandatangani oleh PLH Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya, Bapak Dr. H. Mohamad Zen.

Lantas, sudah cukup amankah hanya dengan Surat Penugasan saja?

Pertanyaan ini bukanlah untuk dijawab secara lisan. Namun, harus menjadi Agenda untuk waktu kedepan, baik di Kepengurusan hingga melibatkan partisipasi aktif semua Anggota.

Idealnya, yang lebih aman adalah legalitas berupa Surat Keputusan (SK) dari Kepala Daerah (Gubernur/Bupati/Walikota) atau dari Kepala Dinas Pendidikan.

Mengapa demikian?

Antara Surat Penugasan (SP) dengan Surat Keputusan (SK) terdapat sejumlah perbedaan. Perbedaan tersebut antara lain dari segi Kekuatan Hukum dan format surat itu sendiri.

Jika di dalam Surat Penugasan (SP) itu tidak dicamtumkan TMT – Masa Kerja Pegawai yang bersangkutan. Sedangkan di dalam Surat Keputusan (SK) itu dicantumkan Nomor Register beserta TMT GTK yang bersangkutan, hingga besaran dan sumber gaji.
Adapun dari segi Kekuatan Hukum, SK jelas lebih kuat dibandingkan dengan SP.

Namun, sebaik-baiknya manusia adalah yang senantiasa bersyukur atas capaian yang diraihnya. Sebagai wujud tawakal setelah bekerja dan berjuang dengan penuh totalitas. Kendati sampai sekarang ini baru sebatas mampu memiliki legalitas status berupa Surat Penugasan (SP) dari PLH Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya.

Semoga langkah dan perjuangan kita mulai sekarang dan kedepan senantiasa dirahmati dan berada dalam pertolongan Alloh SWT. Aamiin YRA.

Terakhir, kami sampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan tak terhingga kepada pihak-pihak yang telah mendukung keberhasilan perjuangan kami semenjak awal sampai sekarang. Semoga segala apa bentuk dukungan kepada perjuangan kami tercatat sebagai amal soleh dan dibalas dengan pahala serta kebaikan yang berlipat ganda.

Rasa terima kasih dan apresiasi kami kepada semua pihak yang tidak dapat kami sebut secara satu per satu, namun Alloh SWT Maha Mengetahui.

Demikian. Terima kasih.

 

Tasikmalaya, 16/10/2018

PENGURUS FHGTK NON K.2 KABUPATEN TASIKMALAYA

 

===== In Action Pictures =====

(draft upload foto2)

 

 

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s