Terkuak, Ternyata Ini Rahasia Pawang Harimau Agar Tak Diterkam

Ilustrasi Pawang Harimau

Bagi kebanyakan manusia, harimau dianggap sebagai hewan buas yang wajib dihindari. Namun bagi seorang pawang harimau, berinteraksi dengan binatang buas yang satu itu justru menjadi hal biasa yang nyaris dilakukan setiap hari.

Yang kerap jadi pertanyaan, bagaimana cara para pawang ini “menaklukkan” hewan pemburu yang dikenal sangat buas tersebut? Mengapa harimau-harimau itu bisa jadi jinak saat ditangani oleh para pawang? Apa rahasianya?

Seorang kiper harimau di Taman Safari Indonesia (TSI) Cisarua Bogor, sebuat saja Mr. Acép (nama samaran), membeberkan rahasia menjinakkan harimau.

Bukan Sembarang Kumis

Sejak saat itulah, Acép semakin percaya bahwa kumis harimau dapat meredam kebuasan binatang pemangsa tersebut. “Kalau ada kiper lupa bawa kumis, harus minjam ke teman lain,” terangnya.

Acép mengatakan, kumis yang dapat menjinakkan harimau tidak sembarangan. Kumisnya harus diambil dari harimau yang masih hidup. Cara mengambilnya pun harus dicabut, tidak boleh dipotong pakai gunting. Juga tidak boleh patah.

Ngambilnya saat harimau dimasukkan ke dalam penangkaran. Kumisnya dicabut pakai tang,” katanya.

Beberapa lembar kumis harimau itu kemudian dimasukkan ke dalam plastik kecil. Selanjutnya, kumis harimau tersebut dibawa setiap kali bertugas.

Ternyata Ini Rahasianya…

Menurut Acép, semua kiper wajib memiliki kumis harimau. Kumis itu dibawa setiap kali mendekati harimau. Acép dan para kiper di Taman Safari Indonesia percaya bahwa harimau tidak akan berani mengganggu manusia yang membawa kumisnya.

“Kumis harimau itu dibungkus dalam plastik kecil, kemudian dikantongin setiap kali bertugas. Harimau kan penciumannya paling tajam, jadi meskipun dibungkus, tetap tercium,” kata Acép.

Acép pun bercerita, awalnya dia kurang percaya dengan khasiat kumis harimau yang dianggap bisa menjinakkan binatang pemakan daging tersebut.

Namun, Acép pernah mengalami musibah saat lupa membawa kumis harimau. Dia diterkam ketika mencoba mendekati harimau.

Pinggang saya diterkam. Gak parah sih, cuma 16 jahitan,” ujarnya sembari tertawa.

 

Sumber:
dream.co.id dengan adopsi sebagian.

 

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s