KK B Pedagogik SD Kelas Awal | Latihan Kegiatan Pembelajaran 1: Teori Belajar

EVALUASI:

PERTANYAAN:

1) Jelaskan apa yang dimaksud dengan Teori Belajar!

2) Jelaskan mengapa guru perlu memahami Teori Belajar!

3) Jelaskan bahwa pemahaman hakikat belajar sebagai asumsi disusunnya teori belajar!

4) Jelaskan perbedaan keempat aliran Teori Belajar, yaitu Behaviorisme, Kognitivisme, Konstruktivisme dan Humanisme!

5) Menurut Anda apakah dalam praktik pembelajaran memungkinkan menggabungkan minimal dua teori belajar dari keempat aliran tersebut?

JAWABAN:

1) Teori Belajar merupakan hukum-hukum atau prinsip-prinsip umum yang melukiskan kondisi terjadinya belajar.

2) Dengan memahami teori belajar, pengajar akan memahami proses terjadinya belajar pada manusia. Pengajar akan mengetahui apa yang harus dilakukan sehingga siswa dapat belajar dengan optimal. Dengan memahami dan menerapkan teori belajar dengan tepat, pengajar dapat memprediksi secara tepat dan beralasan tentang keberhasilan siswa.

3) Dengan pemahaman bahwa belajar adalah hasil perubahan tingkah laku, maka berkembanglah teori belajar dari aliran Behaviorisme. Dengan pemahaman bahwa belajar adalah suatu proses untuk terjadinya perubahan struktur mental, maka berkembanglah teori belajar dari aliran Kognitivisme.

4) Perbedaan keempat aliran dalam teori belajar adalah:
Behaviorisme didasarkan pada pola pengulangan tingkah laku baru yang akhirnya menjadi sesuatu yang otomatis.
Kognitivisme didasarkan pada proses berpikir di balik tingkah laku yang terjadi. Perubahan tingkah laku diobservasi dan digunakan sebagai indikator untuk mengetahui apa yang terjadi di balik pikiran siswa.
Konstruktivisme didasarkan pada pernyataan bahwa kita semua mengonstruksi pengetahuan kita sendiri dari lingkungan untuk memperoleh pengalaman dan skema.
Humanisme memandang bahwa belajar adalah untuk memanusiakan manusia.

5) Walaupun secara teori sukar digabungkan, namun secara praktik pembelajaran dapat digabungkan, karena setiap pembelajaran menghendaki pencapaian proses dan hasil belajar. Pencapaian proses akan dapat dilihat karena berperannya teori belajar kognitif, sedangkan pencapaian hasil belajar dapat dioptimalkan dengan menerapkan teori belajar behavioristik.

* Undangan Daring belum muncul, percobaan dulu mengerjakan LK dari Modul *

Advertisements

One thought on “KK B Pedagogik SD Kelas Awal | Latihan Kegiatan Pembelajaran 1: Teori Belajar

  1. Pingback: KK B Pedagogik SD Kelas Awal | Latihan Kegiatan Pembelajaran 1: Teori Belajar – kkggugus4jatiwaras

Comments are closed.