Saat Kedatangan Tamu, Lakukan Hal Ini Sebagai Tanda Hormat

Menghormati dan memuliakan orang yang bertamu ke rumah adalah merupakan sebuah kewajiban bagi pribumi. Terlepas dari budaya dan tatakrama kita sebagai Orang Timur, ajaran agama pun sangat menganjurkan agar kita melakukan hal tersebut sebagai wujud ibadah dalam ranah Hablum minan nas.

Ada kalanya, mereka yang bertamu ke rumah kita tidak dengan tangan kosong. Artinya, kedatangan mereka juga sambil membawa oleh-oleh antara lain berupa panganan ringan, walau hanya sekedar untuk media basa-basi, penyambung dan pembuka kata.

Lantas, jika kita kedatangan tetamu yang membawa panganan ringan sebagai oleh-oleh, apa yang sebaiknya kita lakukan sebagai pribumi?
Menyantap panganan oleh-oleh tersebut di hadapan sang tamu, seraya memberikan komentar berupa pujian sewajarnya atas panganan tersebut adalah jawabannya. Kalaupun kita sebenarnya kurang begitu menyukai panganan yang dibawanya tadi, atau karena alasan medis yang melarang kita untuk menyantapnya, mintalah kepada anggota keluarga lain untuk “mencicipinya”. Semua itu dilakukan tiada lain sebagai bentuk penghargaan dan rasa hormat kita sebagai pribumi kepada tetamu. Tentunya, rasa senang hati dan merasa dihargai akan tamu kita rasa atas semua perlakuan tadi.
Ingat! Suatu saat kita pun akan bertamu ke rumah orang lain. Karenanya, berilah sikap hormat jika kita kedatangan tetamu.

Demikian, semoga menginsfirasi.

Advertisements