Cara Pengurusan Mutasi SIM untuk Perpanjangan Masa Belaku

Tidak dipungkiri lagi, setiap pengguna Kendaraan Bermotor wajib memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) sebagai Legalitas. Namun, ada kalanya karena sejumlah alasan, kita harus lakukan Mutasi SIM.
Mutasi ini berkaitan untuk kepentingan proses Perpanjangan Masa Berlaku SIM. Biasanya, Polres yang dituju adalah disesuaikan dengan Wilayah Hukum yang didasarkan atas alamat domisili sebagaimna tercantum pada KTP.
Ingat! Dalam pengurusan SIM, yang mesti diketahui adalah Wilayah Hukum Polres. Karena tidak selalu Wilayah Pemerintahan suatu Kabupaten/Kota, untuk Wilayah Hukum Polresnya secara otomatis masuk ke Polres Kabupaten/Kotanya tersebut. Tidak selalu!

Sebagai contoh:
Ada 2 Pemerintahan Daerah yang berbatasan langsung, misal Kabupaten A dan Kota B.
Sebagian Polsek di wilayah Kabupaten A masuk Wilayah Hukum Polres Kota B.

Umpamanya, Si “X” pada KTP-nya berdomisili di Kabupaten A, namun Polseknya termasuk Wilayah Hukum Polres Kota B. Maka, ia untuk pembuatan dan perpanjangan SIM-nya harus ke Polres Kota B.

Adapun mengenai Proses Mutasi SIM untuk kepentingan Perpanjangan Masa Belaku, Langkah pertama, adalah memfoto kopi SIM dan KTP sebanyak 2 rangkap. Lalu bawa ke bagian urusan SIM, katakan bahwa kita akan memutasi SIM ke Polres “Anu”.
Tunggu sampai proses beres dan diterima Surat Pengantar Mutasinya.
Selanjutnya, serahkan Pengantar Mutasi tadi ke Bagian Urusan SIM di Polres sesuai yang ditujukan pada Surat Pengantar.

Namun, kita juga harus melampirkan Surat Keterangan Sehat dari Dokter. Untuk diingat!
Setiap Polres biasanya telah bekerja sama dengan Seorang Dokter yang telah ditentukan. Jadi, hanya dari Dokter tersebutlah kita membuat Surat Keterangan Sehat untuk Pengurusan SIM (baru maupun perpanjangan). Selanjutnya, ikuti sesuai petunjuk dari petugas yang melayani hingga beres, yaitu kita menerima SIM baru.

Selain cara seperti di atas, ada juga cara lain. Yaitu melalui Mobil Layanan SIM Keliling. Biasanya, layanan ini terjadwal, antara lain dalam setiap acara Car Free Day.

Demikian, semoga bermanfaat.

Advertisements