Yth. Ketua KKG Gugus IV Jatiwaras, Pa Mansur beserta Jajaran Pengurus Lainnya

Assalaamu’laikum Wr. Wb.

Setelah mengikuti acara Pemilihan dan Pembentukan Susunan Pengurus KKG Gugus IV Jatiwaras pada Selasa, 22/9/2015 serasa menemukan nuansa, semangat dan harapan baru terutama kepada segenap Pengurus KKG Gugus IV Jatiwaras yang baru terpilih.
Harapan, semoga dengan Kinerja Kepengurusan baru ini KKG Gugus IV Jatiwaras dapat menyejajarkan diri dengan KKG-KKG Gugus lain yang telah lebih dahulu memiliki Agenda Rutin dan Aktif, sehingga dapat memberi imbas positif terhadap profesionalisme para anggota, yang pada akhirnya mampu memberikan peran signifikan bagi peningkatan kualitas pendidikan terutama di wilayah Gugus IV Jatiwaras.

Dengan tanpa mengurangi rasa hormat, melalui artikel ini setidaknya ada 3 poin yang ingin disampaikan sebagai usulan. Adapun 3 poin tersebut, yaitu:

1. Pentingnya Memiliki Website KKG Gugus untuk Publikasi & Dokumentasi.

Jika menengok ke beberapa KKG Gugus yang telah berjalan aktif lebih dulu, rata-rata mereka telah memiliki Website sendiri. Website di sini bisa berupa Blog. Ada 2 jenis Blog, yaitu versi Gratis (free) dan berbayar (Premium/Pro).
Adapun untuk Domainnya yang telah familiar digunakan oleh para Netizen, antara lain: wordpress.com atau juga blogspot.com.

Yang bertugas untuk mengelola Website, tentu saja adalah Pengurus KKG, terutama Sekretaris ataupun Humas.

Apa saja yang diposting di Website KKG Gugus?

Ada beragam menu pilihan yang bisa ditampilkan, tergantung kepentingan dan unsur penunjang lainnya. Pada umumnya muatan yang diposting antara lain:

a. Profil KKG Gugus

b. Susunan Pengurus

c. Program Kerja Pengurus

d. SD Inti dan Daftar SD Imbas

e. Daftar Anggota KKG Gugus

f. Jadwal Pertemuan Rutin maupun Insidentil

g. Agenda Notula Rapat

h. Dokumentasi Arsip (Soft Copy File)

i. Saran dan Kritik

Untuk Menu Dokumentasi Arsip, antara lain bisa memuat:
photo-photo kegiatan, soft copy file-file hasil rapat KKG (selain diarsipkan, file soft copy juga agar bisa diunduh/download oleh siapa pun yang berkepentingan)

Adakah manfaat lain dari adanya Website ini?

Ada! Seperti untuk aktivitas Kontrol dan Pembinaan oleh Stakeholder terkait atas setiap kegiatan yang dilaksanakan di KKG Gugus dengan maupun tanpa hadir dan menyaksikan langsung ke tempat dilaksanakannya kegiatan.

2. Penjadwalan Kegiatan

Sekedar flash back, jika pada sebelumnya kegiatan pertemuan KKG Gugus biasanya diberitahukan 2-4 hari sebelum pelaksanaan atas tembusan Pengurus kepada para Kepala Sekolah, maka diharapkan untuk sekarang ke depan KKG Gugus memiliki Jadwal yang terperinci, baik untuk Pertemuan Rutin maupun Insidentil. Misalnya Jadwal Pertemuan Bulanan untuk 1 Semester atau 1 Tahun Pelajaran ke depan.

Dengan penggunaan sistem jadwal seperti ini, sangat mungkin akan adanya penetapan Target yang ingin dicapai dan Produk yang ingin dihasilkan oleh KKG Gugus.

Sebagai contoh sederhana:

Sekitar 2 minggu menjelang pelaksanaan Ulangan Tengah Semester (UTS), diadakan Pertemuan KKG untuk Menyusun Kisi-kisi dan Naskah Soal.
Dengan cara dibagi POKJA. Di mana setiap pokja beranggotakan Guru dari setiap SD yang memegang tingkat kelas yang sama, juga untuk POKJA Guru Bidang seperti PAI.

Juga untuk Penyusunan Agenda Kegiatan Harian, sebagaimana kemarin telah dibentuk Pemandu untuk setiap Kelasnya.

Pada intinya, melalui Kegiatan Pertemuan KKG Gugus akan tercipta adanya sharing dan komunikasi multiarah, sehingga KKG akan lebih aktif dan terprogram.

3. Penyusunan Kebutuhan Anggaran Biaya Kegiatan

Seperti yang telah dimafhumi bersama, bahwa diantara 13 kelompok penggunaan Dana BOS (Laporan BOS Online) adalah dialokasikan untuk Anggaran Pengembangan Profesi dan Keterampilan Guru. Penataran, Pelatihan/Diklat dan KKG adalah diantaranya.

Kalaupun sekarang KKG belum menerima kucuran Dana khusus untuk Kegiatan KKG Gugus, pengajuan Anggaran seperti adalah merupakan PR bagi kita terutama Pengurus.

Demikian usulan ini.
Mohon maaf atas segalanya. Semoga dapat segera direspon dan tindaklanjuti.

Terima kasih atas perhatiannya.

Wassalaamu’alaikum Wr. Wb.

Advertisements