Kadus Mekarwangi: BAHAYA! Ada Oknum yang Kuasai lalu “Mengontrakan” Mata Air Hanya untuk Meraup Untung Saku Pribadi

Mekarwangi, 17/8/2015.
Di tengah serba terhimpitnya kehidupan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan air bersih akibat kemarau panjang, ternyata masih saja ada pihak yang mengambil keuntungan melalui cara curang bahkan arogan.

Berdasarkan penuturan Bapak Kepala Dusun Mekarwangi saat bercengkrama ketika musyawarah pembentukan Jadwal Petugas Ronda Kedusunan pada Senin malam, 17/8/2015 bertempat di rumah Bapak RT 02 yang dihadiri oleh para RT beserta sejumlah unsur dari tokoh masyarakat dan kepemudaan, dikatakan bahwa, ada seseorang berinisial “M” yang merupakan warga RT 01, dengan arogannya menguasai sejumlah Sumber Mata Air, lalu ia “jual” produknya dengan cara dikontrakkan bulanan kepada warga lain di luar lingkungan kedusunan di mana Sumber Mata Air tersebut berada. Sementara, masyarakat di sekitarnya tengah sangat kesulitan mendapatkan air terutama untuk kebutuhan rumah tangga. Bahkan, akibat berebutan dalam memperoleh jatah, telah terjadi “selang dicacag”.

Padahal, merujuk pada aturan serta adat istiadat yang ada, jelas tindakan penguasaan sumber mata air apalagi secara arogan dan semena-mena adalah sangat salah dan mencederai nilai-nilai kemanusiaan.

Kemudian, kendati pun Kepala Dusun telah melaporkan hal ini kepada Pemerintah Desa melalui Ulu-ulu (merangkap dengan Kaur Ekbang) beberapa waktu lalu agar diberi tindakan tegas, namun hingga saat ini pun belum ada perhatian nyata berupa tindak lanjut atas laporan tersebut.

Yang menjadi pertanyaan:

Di mana peran Pemerintah sebagai Pengayom masyarakat?
Apalagi di tengah kondisi “paceklik” seperti sekarang ini.

Namun, kami yakin bahwa Pemerintah senantiasa akan berupaya untuk menyejahterakan rakyatnya. Oleh karena itu, mohon segera ditindaklanjuti. Jangan sampai akibat permasalahan urusan jatah dari Sumber Mata Air ini menimbulkan masalah sosial. Tentu sangat tidak diharapkan. Sekali lagi, mohon respon dan tindakan nyata dengan cepat dan tanggap.

Demikian dan terimakasih.

“atas nama Generasi Muda Kedusunan Mekarwangi-GEMMA”

Advertisements