Menjadi Pribadi yang Menyenangkan

Untuk menjadi pribadi yang disukai, kita harus belajar menghargai orang lain. Karena dengan dihargai, orang bisa menjadi lebih baik, lebih menyenangkan dan lebih bersahabat. Berikut adalah kiatnya:

BERI PUJIAN
Pujian itu seperti air segar yang bisa menawarkan rasa haus manusia akan penghargaan. Berilah air segar itu kepada orang lain. Caranya? Buka mata lebar-lebar untuk melihat sisi baik pada sikap dan perbuatan orang lain. Lalu pujilah dengan tulus, wajar dan proporsional.

BUAT ORANG LAIN MERASA DIRINYA PENTING
Tunjukkanlah dengan sikap dan ucapan bahwa kita menganggap orang lain itu penting. Misalnya, jangan biarkan orang lain menunggu terlalu lama, katakan maaf bila salah, tepatilah janji dan sebagainya.

JADI PENDENGAR YANG BAIK
Kalau bicara itu perak dan diam itu emas, maka pendengar yang baik lebih mulia dari keduanya. Pendengar yang baik adalah pribadi yang dibutuhkan dan disukai oleh semua orang. Berilah kesempatan kepada orang lain untuk bicara, ajukan pertanyaan dan buat dia bergairah untuk terus bicara. Dan, jangan menilai atau menasihatinya bila tidak diminta.

MENYEBUT NAMA DENGAN BENAR
Nama bersifat sangat pribadi. Umumnya orang tidak suka bila namanya disebut secara salah atau sembarangan. Jika ragu, tanyakan bagaimana melafalkan dan menulis namanya dengan benar.

BERSIKAP RAMAH
Semua orang senang bila diperlakukan dengan ramah. Keramahan membuat orang lain merasa diterima dan dihargai. Keramahan membuat orang merasa betah berada di dekat kita.

BERMURAH HATI
Kita tidak akan menjadi miskin karena memberi dan tidak akan kekurangan karena berbagi. Tetapi lakukanlah semua itu secara wajar, tanpa berlebihan.

HINDARI KEBIASAAN MENGERITIK, MENCELA ATAU MENGANGGAP REMEH
Umumnya orang tidak suka bila kelemahannya diketahui oleh orang lain, apalagi dipermalukan di hadapan orang banyak. Hargailah orang lain dengan segenap kelebihan dan kekurangan padanya. Karena kita pun pasti memiliki kekurangan dan keterbatasan.

Demikian semoga bermanfaat dan menginsfirasi.
Sampai jumpa di tulisan berikutnya.

*) dari berbagai sumber.

Advertisements